jump to navigation

Mata Air Kebahagiaan January 24, 2011

Posted by tintabiru in Spirit.
trackback

Ummahat fillah,

Kebahagiaan, siapa yang tidak menginginkannya???…Apa yang membuat kita bahagia??? Punya Rumah Megah di berbagai kota, sertifikat tanah yang menumpuk dilaci lemari  , jabatan yang tinggi, … atau mobil yang berderet di garasi??? Benarkah semua itu akan menjamin kebahagiaan dan kenyamanan hidup kita , padahal kita mengetahui bahwa hidup kita ibarat orang numpang minum, hanya sesaat…Kemudian kebahagiaan yang bagaimana yang hakiki?? yang membuat kita nyaman ?? seandainya Allah membuka tabir telinga kita sehingga kita bisa mendengar alam kubur masihkah kita bisa tertawa??? sobatku yang di cintai Allah,..ukuran kebahagiaan ada di hati kita yang meyakini akan kebenaran yang datang dari sang pencipta, kelapangan dada atau kesabaran atas prinsip yang menjadi pedoman hidup kita dan ketenangan yang kita rasakan karena kebaikan-kebaikan yang ada di sekeliling kita.

Ibarat sumur, kebahagiaan seseorang bisa datang dari satu atau berbagai sumber mata air, Semakin banyak mata air yang kita miliki, maka semakin banyak limpahan air  Sudahkan kita merenungi sumber kebahagiaan kita yang hakiki? yang akan mengantar kita kehadapan sang pencipta dengan tersenyum???

Dalam bukunya “Laa Tahzan” Aidh Al Qarni,diterangkan bahwa sumber kebahagiaan,bisa kita dapatkan dari 6 sumber mata air, yaitu:

1.Amal Sholeh

Amal sholeh adalah perbuatan baik yang dilakukan seseorang dengan tujuanmendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ikhlas, dilakukan dalamkeadaan beriman serta sesuai dengan tuntunan Al-qur’an dan sunnah, seperti firman Allah dalam kitabNya:

“Barang siapa yanga mengerjakan amal sholeh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupanyang baik dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan” (QS An-Nahl : 97)

2. Wanita Sholihah

Wanita sholihah adalah wanita yang bisa memelihara kecantikannya yang dia miliki dengan iman,…menjaga keridho’an Allah SWT dengan qona’ah ( merasa cukup dengan apa yang sudah di karuniakan) , memelihara kesuciannya dengan berhijab (menahan pandangannya dan menjaga aurat). sahabatku yang dicintai Allah, Rosululloh mengingatkan kita bahwa dunia ini perhiasan , dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita yang sholihah. Perhiasan kita bukan terletak pada apa yang menempel di badan dan bisa dilihat oleh mata manusia, melainkan pada sholat yang kita dirikan di penghujung malam sementara lainnya memilih tertidur pulas dan ketaatan kita menahan hawa nafsu, lapar dan haus demi mengharap ridho Allah, sedekah kita yang tak ingin  terlihat oleh orang lain serta airmata diatas sajadah kita karna mengharap ampunan dari sang Pencipta Allah SWT….sobat maukah kita menjadi muslimah yang kelak surgapun akan merindukan kehadiran kita, cantik akhlaqnya , tinggi budi pekertinya danputih hatinya…..Subhanallah

3. Rumah yang Luas

Bukan berarti secara fisik kita mempunyai rumah yang luas hingga kita merasakan rumah kita luas, jadikan rumah kita rumahku surgaku, kita nyaman di dalamnya meskipun rumah kita bukan istana megah, kita wajib bersyukur kepada Allah.

penghuni yang saling menghormati, mencintai dan saling mengingatkan , bekerja sama dalam meraih ridho-Nya.

kecupan mesra seorang suami kepada istri setiap paginya, cium tangan istri kepada suami ,usapan sayang kita kepada anak2 kita ,dan kata2 yang lemah lembut yang selalu kita ucapkan,…indahnya rumah kita dan betapa lapangnya ….

4. Penghasilan yang baik

Penghasilan yang baik bukan penghasilan yang besar atau banyak, yang akan menenentukan kebahagian kita , tapi penghasilan yang baik menurut Allah  yang akan menjadikan hidup kita tentram dan nyaman.

Allah SWT Maha Baik, sobatku semua Dia hanya menerima apa-apa yang baik . jadi pastikan bahwa apa yang kita peroleh adalah rizky yang bersih dan halal. Jagalah hati kita untuk selalu berhusnudzon kepada Allah, bahwa meskipun sedikit kita terima itulah yang terbaik dari Allah SWT.

5. Ahklaq yang baik dan penuh kasih sayang kepada sesama

Salam….Sapa…Senyum…Santun...Subhanallah..!,semoga dengan 4S akan menjadi mata air kebahagiaan kita.

Allah berfirman ” Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi dimanapun aku berada, dan Dia memerintahkan aku untuk mendirikan sholat dan menuanaikan zakat selama aku hidup, dan berbakti kepada ibuku. dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka” ( QS Maryam : 31-32)

sobatku yang di cintai Allah,…setinggi apapun jabatan kita, secantik apapun kita dan sebaik apaun keturunan kita ;kita sama sekali berhak untuk merendahkan/menghina  seseorang, karena hakekatnya kita adalah sama mahkluk Allah yang tercipta dari setetes air yang hina…ku ingatkan diriku sendiri bahwa ilmu yang kita miliki seharusnya lebih membuat kita lebih taqwa dan bisa menghormati sesama…Rosululloh bersabda” bahwa orang yang paling baik diantara kita adalah orang yang banyak bermanfaat bagi orang lain….

6. Terhindar dari himpitan hutang dan sifat Boros

Gali Lubang Tutup lubang???…sobatku yang di cintai Allah, …tak ada larangan bagi kita untuk berhutang,..namun coba kita renungkan lagi kegunaannya, kredit barang hanya karna ada seri terbaru, yang sebenarnya kita tidak membutuhkan?? lihat lah gudang /lemari kita..berapa banyak barang yang menumpuk dan tak terpakai yang itu adalah hasil dari kredit.. sobatku semua di jaman sekarang sangat mudah bagi kitauntuk melakukan pembelian secara kredit,… pernahkah kita sadari itu adalah sebuah pemborosan,…dan kadang kita lupa untuk membayar kewajiban kewajiban kita membayar upah, SPP anak,  zakat dan shodaqoh kita…pakaian yang sudah bertumpuk di lemari , masih saja terasa, kurang… sobatku semua mari kita berdoa kepada Allah SWT, semoga kita tidak dimasukkan kedalam golongan orang yang berbuat dzolim baik pada diri sendiri maupun sesama, baik secara langsung maupun  yang tidak kita sadari…

Firman Allah ” Dan orang-orang yang apabila membelanjakan harta mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir. Dan pembelanjaan itu ditengah-tengah antara yang demikian ( QS Al-Furqon :67)

Sobatku yang dicintai Allah berapapun mata air kebahagiaan kita, sedikit pancarannya , jangan berputus asa jagalah mata air kita sebaik mungkin jangan sampai kering dan yakilah Allah memberikan yang terbaik buat kita,..amiin.

(Catatan Liza Sagung’s di facebook)

.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: